4 Ide Bisnis Usaha Sampingan yang Cocok untuk IRT

4 Ide Bisnis Usaha Sampingan yang Cocok untuk IRT

Ide Bisnis Usaha Sampingan – Kebutuhan yang terus meningkat pastinya berdampak langsung pada kondisi rumah tangga banyak orang. Terutama yang paling merasakan para Ibu Rumah Tangga yang mesti memutar otak guna bisa memenuhi kebutuhan.

Banyak yang kemudian berpikir untuk memulai bisnis usaha sampingan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Namun seringkali banyak yang bingung bisnis usaha sampingan seperti apa yang cocok dikerjakan oleh Ibu Rumah Tangga. Jangan sampai seorang ibu rumah tangga malah menjalankan bisnis sampingan sebagai Jasa Kontraktor, haha bercanda…

Soalnya mereka yang berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga pastinya tidak memiliki banyak waktu. Karena mereka harus tetap mengurus pekerjaan rumah dan juga mengurus anak. Untungnya, ada ide bisnis usaha sampingan yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga seperti berikut ini.

4 Ide Bisnis Usaha Sampingan

1. Ide Bisnis Usaha Sampingan Jasa Jahit

Ide bisnis usaha sampingan pertama yang cocok dijadikan pilihan oleh para ibu rumah tangga adalah jasa jahit. Banyak sekali keunggulan yang bisa didapatkan dengan memilih usaha sampingan yang satu ini. Apa saja itu? Dimulai dari keunggulan seperti modal yang tidak terlalu besar untuk memulainya.

Soalnya untuk memulai ide bisnis sampingan ini, kamu hanya perlu membeli mesin jahit saja. Tentunya membeli mesin jahit apalagi yang bekas tidak membutuhkan dana yang tidak terlalu besar.

Lalu keuntungan yang paling utama adalah usaha sampingan menjahit ini adalah kamu bebas dalam mengatur waktunya. Hal ini pastinya berimbas yaitu tidak menganggu peran kamu sebagai Ibu Rumah Tangga.

Baca :  5 Contoh Jenis Usaha Kelompok yang Mesti Diketahui

2. Katering Makanan

Usaha kuliner memang tidak pernah ada habisnya di Indonesia. Setiap bisnis kuliner memang selalu memiliki pangsa pasar yang luas. Salah satunya adalah bisnis kuliner yang sedang digandrungi banyak pihak. Ternyata bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang berstatus sebagai Ibu Rumah Tangga.

Apalagi seperti yang diketahui bahwa banyak ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan memasak di atas rata-rata. Jadi memasak berbagai tipe lauk tentunya bukan perkara sulit. Hal inilah yang kemudian bisa dipilih sebagai usaha sampingan.

Nantinya kamu bisa bebas memilih tipe usaha katering dengan sistem PO ataupun sistem biasa. Sekali lagi, jenis usaha ini bisa disesuaikan dengan waktu dan juga kesibukan ibu rumah tangga tanpa menganggu kewajiban utama mereka.

3. Membuka Warung Khusus Sarapan

Apabila kamu tergolong sebagai ibu rumah tangga yang memang memiliki kemampuan memasak di atas rata-rata maka jangan sampai disia-siakan begitu saja. Jika kamu merasa usaha katering terlalu sulit dilakukan, jangan langsung putus asa dulu.

Ada pilihan lainnya yaitu membuka warung khusus sarapan. Alasannya sederhana saja karena banyak orang yang ketika pagi hari dan hendak beraktivitas malas mesti memasak sarapan sendiri. Jadi mereka lebih memilih mencari sarapan di luar.

Kebiasaan inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Nantinya kamu tetap bisa menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga yang baik karena warung itu hanya dibuka pada pagi hari.

4. Toko Kelontong

Untuk pilihan terakhirnya, toko kelontong bisa dijadikan solusi terbaiknya. Kenapa harus toko kelontong? Sederhana saja karena toko kelontong ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk membangunnya.

Selain itu, memiliki toko kelontong juga tidak akan menganggu waktu dari mereka yang berstatus sebagai ibu rumah tangga. Soalnya mereka tetap bisa melakukan pekerjaan rumah tangga sambil mengurus rumah tangga.

Baca :  6 Contoh Pekerjaan Konstruksi Sipil Paling Dikenal

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang ide bisnis usaha sampingan yang cocok untuk IRT. Jadi kamu bisa memilih salah satu yang paling cocok untuk kemudian langsung dipraktikan.

Penutup Artikel Ide Bisnis Usaha Sampingan

Gimana, apakah anda sudah menentukan Ide Bisnis Usaha Sampingan seperti apa yang akan anda buat? Semoga berhasil ya dan tetap semangat !!!. Jika anda masih belum menemukan inspirasi yang tepat anda bisa mencoba mencari jenis usaha lain dari sosial media layaknya Pinterest, dan lain-lain.

Baca juga artikel: 5 Contoh Jenis Usaha Kelompok yang Mesti Diketahui

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *